Wulandari, Andri (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA KELAS A2 DI TK DESA GUMPANG KECAMATAN KARTOSURO KABUPATEN DATI II SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (121kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2_BAB_I_SKRIPSI_ANDRY.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
3_BAB_II_SKRIPSI_ANDRY.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab III)
4_BAB_III_SKRIPSI_ANDRY.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan melalui metode Bercerita. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok A2 di TK desa gumpang kartosuro tahun ajaran 2010 /2011, dan obyek penelitian ini adalah adalah kemampuan berbahasa lisan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan triangulasi penyelidikan dengan jalan memanfaatkan peneliti atau penguatan untuk pengecekan kembali derajat kepercayaan data. Pemanfaatan pengamatan lainya dalam hal ini adalah guru kelas A2 dan kepala sekolah.Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil kemampuan berbahasa lisan anak sebelum tindakan adalah 45,26%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita pada siklus I hasil kemampuan berbahasa lisan anak meningkat menjadi 66,18% pada siklus II hasil kemampuan berbahasa lisan anak meningkat menjadi menjadi 77,45% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,17%. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode bercerita mampu meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak A2 di TK Desa Gumpang Kartasuro Dati II Sukoharjo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbahasa lisan dan Metode Bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Aug 2011 06:37 |
Last Modified: | 16 Aug 2011 06:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14129 |
Actions (login required)
View Item |