UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA KELAS A2 DI TK DESA GUMPANG KECAMATAN KARTOSURO KABUPATEN DATI II SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Wulandari, Andri (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERCERITA KELAS A2 DI TK DESA GUMPANG KECAMATAN KARTOSURO KABUPATEN DATI II SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2_BAB_I_SKRIPSI_ANDRY.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II_SKRIPSI_ANDRY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III_SKRIPSI_ANDRY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan melalui metode Bercerita. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok A2 di TK desa gumpang kartosuro tahun ajaran 2010 /2011, dan obyek penelitian ini adalah adalah kemampuan berbahasa lisan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan triangulasi penyelidikan dengan jalan memanfaatkan peneliti atau penguatan untuk pengecekan kembali derajat kepercayaan data. Pemanfaatan pengamatan lainya dalam hal ini adalah guru kelas A2 dan kepala sekolah.Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil kemampuan berbahasa lisan anak sebelum tindakan adalah 45,26%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita pada siklus I hasil kemampuan berbahasa lisan anak meningkat menjadi 66,18% pada siklus II hasil kemampuan berbahasa lisan anak meningkat menjadi menjadi 77,45% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,17%. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode bercerita mampu meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak A2 di TK Desa Gumpang Kartasuro Dati II Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa lisan dan Metode Bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Aug 2011 06:37
Last Modified: 16 Aug 2011 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item View Item