PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 NGADILUWIH KECAMATAN MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Hartatik, Sri (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 NGADILUWIH KECAMATAN MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan besarnya peningkatan hubungan belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar IPS siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 40% dan meningkat pada siklus II sebesar 75%, serta optimal dan mengalami peningkatan secara signifikan pada siklus III sebesar 85%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 85% siswa dapat memenuhi nilai KKM (70). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition)dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cooperative, integrated, reading, and composition, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 05:33
Last Modified: 10 Aug 2011 05:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13973

Actions (login required)

View Item View Item