Hartatik, Sri (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DENGAN METODE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 NGADILUWIH KECAMATAN MATESIH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (98kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan besarnya peningkatan hubungan belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) pada siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data nilai hasil belajar IPS siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 40% dan meningkat pada siklus II sebesar 75%, serta optimal dan mengalami peningkatan secara signifikan pada siklus III sebesar 85%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan optimal pada siklus III dengan hasil 85% siswa dapat memenuhi nilai KKM (70). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition)dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih tahun ajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cooperative, integrated, reading, and composition, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 05:33 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 05:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13973 |
Actions (login required)
View Item |