NURHAYATI, MUSLICHAH (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM SARAF MENGGUNAKAN STRATEGI EVERYGROUP IS A TEACHER HERE DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI I WURYANTORO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Judul.pdf Download (257kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf Download (113kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan strategi dan media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan strategi Everygroup Is a Teacher Here menggunakan media Gambar. Strategi Everygroup Is a Teacher Here adalah strategi yang digunakan untuk mengukur sejauhmana pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari dan siswa juga dituntut untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya sehingga dapat membuat pelajaran tetap melekat dalam pikiran siswa, sedangkan gambar adalah media gambar yang mudah dimengerti, sederhana dan dapat diganti pada waktu- waktu tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas IX E SMP Negeri I Wuryantoro tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi Everygroup Is a Teacher Here dan media Gambar yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar dikelas IX E SMP Negeri I Wuryantoro tahun ajaran 2010/2011. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif produk siswa 58,97 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 67,44 dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 76,67. Sedangkan untuk perilaku afektif pada siklus I dengan rata-rata 15,44 dengan kriteria berminat dan meningkat pada siklus II menjadi 17,03 dengan kriteria sangat berminat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Everygroup Is a Teacher Here menggunakan Gambar dapat memperbaiki proses pembelajaran, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas IX E SMP Negeri I Wuryantoro tahun ajaran 2010/2011 pada materi sistem saraf manusia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A420/2011-30 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, strategi everygroup is a teacher here dan media gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 03:50 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13963 |
Actions (login required)
View Item |