MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM SARAF MENGGUNAKAN STRATEGI EVERYGROUP IS A TEACHER HERE DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI I WURYANTORO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

NURHAYATI, MUSLICHAH (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM SARAF MENGGUNAKAN STRATEGI EVERYGROUP IS A TEACHER HERE DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI I WURYANTORO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Judul.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan strategi dan media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan strategi Everygroup Is a Teacher Here menggunakan media Gambar. Strategi Everygroup Is a Teacher Here adalah strategi yang digunakan untuk mengukur sejauhmana pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari dan siswa juga dituntut untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya sehingga dapat membuat pelajaran tetap melekat dalam pikiran siswa, sedangkan gambar adalah media gambar yang mudah dimengerti, sederhana dan dapat diganti pada waktu- waktu tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas IX E SMP Negeri I Wuryantoro tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan strategi Everygroup Is a Teacher Here dan media Gambar yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar dikelas IX E SMP Negeri I Wuryantoro tahun ajaran 2010/2011. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif produk siswa 58,97 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 67,44 dan rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 76,67. Sedangkan untuk perilaku afektif pada siklus I dengan rata-rata 15,44 dengan kriteria berminat dan meningkat pada siklus II menjadi 17,03 dengan kriteria sangat berminat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Everygroup Is a Teacher Here menggunakan Gambar dapat memperbaiki proses pembelajaran, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas IX E SMP Negeri I Wuryantoro tahun ajaran 2010/2011 pada materi sistem saraf manusia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-30
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, strategi everygroup is a teacher here dan media gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 10 Aug 2011 03:50
Last Modified: 31 Oct 2011 05:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13963

Actions (login required)

View Item View Item