Widodo, Widodo (2011) STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE INKUIRI DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N GUMPANG 01 KARTASURA SUKOHARJO 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf Download (64kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I_ok.pdf Download (51kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II_ok.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III_ok.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam antara metode inkuiri dengan metode konvensional pada siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari metode pembelajaran inkuiri dan metode konvensional sebagai variabel bebas, dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan t test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil pre test kedua kelompok sebesar 72. Hasil uji t diperoleh = 0,00 < = 2,00172. Hal ini menunjukkan bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mempunyai kemampuan awal yang relatif sama dalam memahami materi pokok sumber daya alam sebelum mengikuti pembelajaran. Rata-rata hasil post test kelompok eksperimen sebesar 90 dan kelompok kontrol 60. Hasil uji t data post test diperoleh = 40,0855 > = 2,00172. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar IPA materi sumber daya alam antara metode inkuiri dengan metode konvensional. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen yang lebih tinggi menunjukkan pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan metode konvensional. Beberapa saran yang dapat penulis ajukan berkenaan dengan hasil penelitian ini yaitu dalam kaitannya dengan pembelajaran IPA materi sumber daya alam dapat digunakan metode pembelajaran inkuiri karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu guru hendaknya mempertimbangkan penggunaan metode ini saat akan melaksanakan pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inkuiri, konvensional, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 08:58 |
Last Modified: | 09 Aug 2011 08:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13950 |
Actions (login required)
View Item |