STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE INKUIRI DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N GUMPANG 01 KARTASURA SUKOHARJO 2010/2011

Widodo, Widodo (2011) STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE INKUIRI DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPA PADA SISWA KELAS IV SD N GUMPANG 01 KARTASURA SUKOHARJO 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I_ok.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II_ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III_ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam antara metode inkuiri dengan metode konvensional pada siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari metode pembelajaran inkuiri dan metode konvensional sebagai variabel bebas, dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan t test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil pre test kedua kelompok sebesar 72. Hasil uji t diperoleh = 0,00 < = 2,00172. Hal ini menunjukkan bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mempunyai kemampuan awal yang relatif sama dalam memahami materi pokok sumber daya alam sebelum mengikuti pembelajaran. Rata-rata hasil post test kelompok eksperimen sebesar 90 dan kelompok kontrol 60. Hasil uji t data post test diperoleh = 40,0855 > = 2,00172. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar IPA materi sumber daya alam antara metode inkuiri dengan metode konvensional. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen yang lebih tinggi menunjukkan pembelajaran dengan metode inkuiri lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan metode konvensional. Beberapa saran yang dapat penulis ajukan berkenaan dengan hasil penelitian ini yaitu dalam kaitannya dengan pembelajaran IPA materi sumber daya alam dapat digunakan metode pembelajaran inkuiri karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu guru hendaknya mempertimbangkan penggunaan metode ini saat akan melaksanakan pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: inkuiri, konvensional, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2011 08:58
Last Modified: 09 Aug 2011 08:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13950

Actions (login required)

View Item View Item