HANANTO, HANANTO (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (80kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_new.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_new.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_new.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_new.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_new.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pembelajaran melalui teknik Inquiry dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali, dan (2) mengetahui tentang keaktifan kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dalam pembelajaran menulis deskripsi melalui teknik Inquiry dengan pendekatan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis deskripsi yang terjadi di kelas X-1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) pendekatan kontekstual elemen inquiry efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan minat menulis karangan deskripsi siswa. Hal ini ditandai dengan persentase keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 69,58 % sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 77,15%. (2) penerapan metode inquiry dapat meningkatkan life skill siswa dalam menulis deskripsi. Peningkatan life skill yang pertama terdapat pada personal skill yang meliputi, kemampuan menggali dan menemukan informasi, kemampuan mengolah informasi, kemampuan memecahkan masalah secara kreatif, dan siswa yang tertib dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peningkatan life skill pada aspek social skill adalah aspek kemampuan memecahkan masalah secara kreatif dan siswa yang tertib. Pada aspek academic skill yang meliputi aspek kecakapan bekerjasama dan kecakapan berkomunikasi..
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis deskripsi, inquiry, penelitian tindakan kelas (PTK) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Aug 2011 05:11 |
Last Modified: | 08 Aug 2011 05:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13892 |
Actions (login required)
View Item |