PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011

HANANTO, HANANTO (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI TEKNIK INQUIRY DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_new.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pembelajaran melalui teknik Inquiry dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali, dan (2) mengetahui tentang keaktifan kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dalam pembelajaran menulis deskripsi melalui teknik Inquiry dengan pendekatan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali dan objeknya adalah proses belajar mengajar, khususnya pembelajaran menulis deskripsi yang terjadi di kelas X-1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kritis dengan membandingkan hasil tindakan dalam tiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditetapkan. Hasil analisis mencakup kegiatan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan kerja siswa dan guru dalam proses belajar-mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) pendekatan kontekstual elemen inquiry efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan minat menulis karangan deskripsi siswa. Hal ini ditandai dengan persentase keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 69,58 % sedangkan pada siklus II siswa yang aktif meningkat menjadi 77,15%. (2) penerapan metode inquiry dapat meningkatkan life skill siswa dalam menulis deskripsi. Peningkatan life skill yang pertama terdapat pada personal skill yang meliputi, kemampuan menggali dan menemukan informasi, kemampuan mengolah informasi, kemampuan memecahkan masalah secara kreatif, dan siswa yang tertib dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peningkatan life skill pada aspek social skill adalah aspek kemampuan memecahkan masalah secara kreatif dan siswa yang tertib. Pada aspek academic skill yang meliputi aspek kecakapan bekerjasama dan kecakapan berkomunikasi..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis deskripsi, inquiry, penelitian tindakan kelas (PTK)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2011 05:11
Last Modified: 08 Aug 2011 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13892

Actions (login required)

View Item View Item