EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen )

ERAWATI, PEBRIANA (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar matematika. (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SLTP N 2 Sambirejo Tahun 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5%, diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar siswa dengan Fa =17,397, (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fb =13,876, (3) Tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fab = 0,809.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LSQ, STAD dan Kemampuan Awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Aug 2011 05:59
Last Modified: 04 Aug 2011 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13815

Actions (login required)

View Item View Item