ERAWATI, PEBRIANA (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DAN STUDENT TEAMS ACHIVIEMENT DEVISIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ( Pada Kelas VII Semester II SMP N 2 Sambirejo, Sragen ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (239kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar matematika. (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SLTP N 2 Sambirejo Tahun 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5%, diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara metode STAD dan LSQ terhadap prestasi belajar siswa dengan Fa =17,397, (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fb =13,876, (3) Tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa dengan Fab = 0,809.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LSQ, STAD dan Kemampuan Awal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Aug 2011 05:59 |
Last Modified: | 04 Aug 2011 05:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13815 |
Actions (login required)
View Item |