SAPUTRO, ONNY EKO (2011) PENERAPAN METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI POKAK I CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf Download (49kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan penerapan metode multisensori dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar; 2) peningkatan kemampuan membaca permulaan pengaruh dengan penerapan metode multisensori pada siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Pokak I Ceper Klaten yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran multisensori pada siswa kelas I SD Negeri Pokak I Ceper Klaten dilaksanakan melalui beberapa fase yang dapat dirangkum dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Dalam hal ini metode multisensori saat belajar membaca diberikan secara visual, auditoris, taktil, dan kinestetik dan terbukti mampu meningkatkan kepekaan alat indera dan akhirnya mempertajam perhatian yang berguna bagi proses belajar. Pembelajaran multisensori dilakukan dengan proses penelurusan/perabaan dengan jari tangan dan mengkoordinasi gerakan tubuh (taktil – kinestetik), kemudian saat menelusuri tersebut anak melihat dan mengucapkan kata dengan keras (visual – auditoris); 2) Pembelajaran dengan pendekatan multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Pokak I Ceper Klaten tahun pelajaran 2010/2011. Kemampuan membaca permulaan siswa meningkat dari 52,3% pada kondisi awal menjadi 71,2% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 92,3% pada akhir siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode multisensori, kemampuan membaca permulaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2011 08:36 |
Last Modified: | 02 Aug 2011 08:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13761 |
Actions (login required)
View Item |