PENERAPAN METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI POKAK I CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

SAPUTRO, ONNY EKO (2011) PENERAPAN METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI POKAK I CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_Halaman_Depan.pdf

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan penerapan metode multisensori dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I sekolah dasar; 2) peningkatan kemampuan membaca permulaan pengaruh dengan penerapan metode multisensori pada siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Pokak I Ceper Klaten yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis komparatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran multisensori pada siswa kelas I SD Negeri Pokak I Ceper Klaten dilaksanakan melalui beberapa fase yang dapat dirangkum dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Dalam hal ini metode multisensori saat belajar membaca diberikan secara visual, auditoris, taktil, dan kinestetik dan terbukti mampu meningkatkan kepekaan alat indera dan akhirnya mempertajam perhatian yang berguna bagi proses belajar. Pembelajaran multisensori dilakukan dengan proses penelurusan/perabaan dengan jari tangan dan mengkoordinasi gerakan tubuh (taktil – kinestetik), kemudian saat menelusuri tersebut anak melihat dan mengucapkan kata dengan keras (visual – auditoris); 2) Pembelajaran dengan pendekatan multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Pokak I Ceper Klaten tahun pelajaran 2010/2011. Kemampuan membaca permulaan siswa meningkat dari 52,3% pada kondisi awal menjadi 71,2% pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 92,3% pada akhir siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode multisensori, kemampuan membaca permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2011 08:36
Last Modified: 02 Aug 2011 08:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item View Item