HADI, SYAIFUL (2011) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf Download (169kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (100kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (3) ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan sejumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung > ttable yaitu 2,987 > 2,110 pada taraf signifikansi 5 %. (2) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan t hitung > t tabel yaitu 3,622 > 2,110 pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan harga Ftabel 5% = 3,59. Sedangkan Fhitung = 13,810. Ternyata Ftabel 5% < Fhitung atau Fhitung > Ftabel. Besarnya sumbangan relatif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 26,1% dan besarnya sumbangan relatif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35,8% sedangkan besarnya sumbangan efektif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 42,2% dan besarnya sumbangan efektif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 57,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-39 |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Profesionalisme Guru dan Fasilitas Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 10:24 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13739 |
Actions (login required)
View Item |