PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011

HADI, SYAIFUL (2011) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MI MUHAMMADIYAH CEKELAN DESA KAUMAN KECAMATAN KEMUSU KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf

Download (169kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. (3) ada tidaknya pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan sejumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung > ttable yaitu 2,987 > 2,110 pada taraf signifikansi 5 %. (2) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan t hitung > t tabel yaitu 3,622 > 2,110 pada taraf signifikansi 5%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan. Hal ini dibuktikan dengan harga Ftabel 5% = 3,59. Sedangkan Fhitung = 13,810. Ternyata Ftabel 5% < Fhitung atau Fhitung > Ftabel. Besarnya sumbangan relatif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 26,1% dan besarnya sumbangan relatif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35,8% sedangkan besarnya sumbangan efektif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 42,2% dan besarnya sumbangan efektif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 57,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-39
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Profesionalisme Guru dan Fasilitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Jul 2011 10:24
Last Modified: 31 Oct 2011 05:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13739

Actions (login required)

View Item View Item