PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Hatmoko Sriyono Putro, Rhembo (2011) PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan revisi terencana yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan, rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 5,9; kemudian rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,6; rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,5; dan pada siklus III nilai rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 9,0, sedangkan pada aspek afektif motivasi belajar siswa menunjukkan peningkatan persentase angka yang berarti hal ini ditinjau dari 5 indikator yaitu rasa senang dan puas siswa 5%, tanggung jawab siswa 10%, perhatian siswa 13,7%, reaksi siswa 1,6%, dan keaktifan siswa 4,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif model STAD, power point, motivasi belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2011 05:25
Last Modified: 27 Jul 2011 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13654

Actions (login required)

View Item View Item