Hatmoko Sriyono Putro, Rhembo (2011) PENGGUNAAN POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
2._Halaman_Depan.pdf Download (108kB) |
|
|
PDF (BAB I)
3._BAB_I.pdf Download (63kB) |
|
PDF (BAB II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (BAB III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (BAB IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (BAB V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (22kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan revisi terencana yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan, rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 5,9; kemudian rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,6; rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,5; dan pada siklus III nilai rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 9,0, sedangkan pada aspek afektif motivasi belajar siswa menunjukkan peningkatan persentase angka yang berarti hal ini ditinjau dari 5 indikator yaitu rasa senang dan puas siswa 5%, tanggung jawab siswa 10%, perhatian siswa 13,7%, reaksi siswa 1,6%, dan keaktifan siswa 4,4%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunakan power point dalam pembelajaran kooperatif model STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo Tahun Ajaran 2010 / 2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif model STAD, power point, motivasi belajar, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2011 05:25 |
Last Modified: | 27 Jul 2011 05:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13654 |
Actions (login required)
View Item |