YUDAYANA, I KADEK RISANG (2011) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2_Depan.pdf Download (131kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3_Bab_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
PDF (Bab V)
7_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
9_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas berpikir kritis siswa melalui model tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah- langkah yang ditentukan yaitu : 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana, 4) memeriksa kembali. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Rejosari Boyolali yang berjumlah 15 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru SDN kelas V dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadi peningkatan aktivitas berpikir kritis melalui model tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa menyelesaikan soal dengan langkah – langkah yang ditentukan. Adapun peningkatan persentase kemampuan yang ada yaitu : (a) kemampuan siswa dalam memahami masalah sebelum penelitian 40% meningkat mencapai 86, 66%, (b) kemampuan siswa menyusun rencana sebelum penelitian 20% meningkat mencapai 80 %, (c) kemampuan siswa melaksanakan rencana sebelum penelitian 33, 33% meningkat mencapai 93, 33%, (d) kemampuan siswa memeriksa kembali sebelum penelitian 33,33% meningkat mencapai 86, 66%. Jadi, melalui model tugas terstruktur dan kuis dapat meningkatkan aktivitas berpikir kritis.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, berpikir-kritis, aktifitas, memahami-masalah, tugas-terstruktur, kuis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 08:41 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 20:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13610 |
Actions (login required)
View Item |