UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI

YUDAYANA, I KADEK RISANG (2011) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL TUGAS TERSTRUKTUR DAN KUIS PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_Depan.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3_Bab_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab V)
7_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
9_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas berpikir kritis siswa melalui model tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan langkah- langkah yang ditentukan yaitu : 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana, 3) melaksanakan rencana, 4) memeriksa kembali. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Rejosari Boyolali yang berjumlah 15 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah guru SDN kelas V dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti dan Kepala Sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadi peningkatan aktivitas berpikir kritis melalui model tugas terstruktur dan kuis, yang dilihat dari kemampuan siswa menyelesaikan soal dengan langkah – langkah yang ditentukan. Adapun peningkatan persentase kemampuan yang ada yaitu : (a) kemampuan siswa dalam memahami masalah sebelum penelitian 40% meningkat mencapai 86, 66%, (b) kemampuan siswa menyusun rencana sebelum penelitian 20% meningkat mencapai 80 %, (c) kemampuan siswa melaksanakan rencana sebelum penelitian 33, 33% meningkat mencapai 93, 33%, (d) kemampuan siswa memeriksa kembali sebelum penelitian 33,33% meningkat mencapai 86, 66%. Jadi, melalui model tugas terstruktur dan kuis dapat meningkatkan aktivitas berpikir kritis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, berpikir-kritis, aktifitas, memahami-masalah, tugas-terstruktur, kuis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 08:41
Last Modified: 26 Jul 2011 20:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13610

Actions (login required)

View Item View Item