PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009

TAMA, DIANI WANITA (2011) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (782kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (275kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap kepuasan belajar, 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 181 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y=2,659 + 0,324 X1 + 0,628 X2, artinya kepuasan belajar dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 3,583 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 8,837 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 73,974 > 3,07 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen memberikan sumbangan efektif 12, 47%. variabel kualitas pelayanan memberikan sumbangan efektif 42, 73%, sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 55,2%, sedangkan 44, 8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, kualitas pelayanan, kepuasan belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2011 09:41
Last Modified: 03 Aug 2011 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13012

Actions (login required)

View Item View Item