Analisis berpikir reflektif dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Sukoharjo 2023/2024

Umaroh, Era Berlin and , Annisa Swastika, S.Si., M.Pd (2024) Analisis berpikir reflektif dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 2 Tawangsari Sukoharjo 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman Depan.pdf

Download (518kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Tidak Publikasi.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII-A SMP N 2 Tawangsari, Sukoharjo. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes dan wawancara. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Triangulasi metode yang digunakan mencangkup tes dan wawancara yang dilakukan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing subjek penelitian memiliki kemampuan berpikir reflektif yang berbeda dalam pemecahan masalah bangun ruang sisi datar dapat dilihat dari ketiga fase berpikir reflektif yang meliputi fase reacting, comparing dan contemplating. Berdasarkan penelitian dilakukan dapat disarankan ke siswa memberi latihan soal sehingga dapat meningkatkan berpikir reflektif siswa dalam mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir reflektif, memecahkan masalah matematika, bangun ruang sisi datar
Subjects: E Education > Theory and practice of education
E Education > Theory and practice of education > Secondary Education. Middle Schools
E Education > Special aspects of education > Mathematics Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ERA BERLIN UMAROH
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:29
Last Modified: 08 Oct 2024 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127327

Actions (login required)

View Item View Item