FARIDA, KUN (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN IDEOLOGI NEGARA PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 SIMO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Bab I)
COVER_+_BAB_I.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Full Text)
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (46MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Simo tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi pembelajaran Team Quiz. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Simo yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat meningkat minimal 70% dari 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara di kelas VIII B SMP Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2010/2011 yaitu dari yang aktif bertanya, mengemukakan pendapat serta menjawab pertanyaan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 7 siswa (20%). Setelah dilakukan tindakan yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 15 siswa (42,85%), siklus II meningkat menjadi 22 siswa (62,85%) dan siklus III meningkat menjadi 27 siswa (77,14%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Team Quiz mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara pada siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A220/2011-021 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Team Quiz, Keaktifan Siswa, Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2011 07:52 |
Last Modified: | 18 Apr 2011 06:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11541 |
Actions (login required)
View Item |