PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN IDEOLOGI NEGARA PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 SIMO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

FARIDA, KUN (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN IDEOLOGI NEGARA PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 SIMO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
COVER_+_BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Full Text)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Simo tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi pembelajaran Team Quiz. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Simo yang berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat meningkat minimal 70% dari 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara di kelas VIII B SMP Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2010/2011 yaitu dari yang aktif bertanya, mengemukakan pendapat serta menjawab pertanyaan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 7 siswa (20%). Setelah dilakukan tindakan yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 15 siswa (42,85%), siklus II meningkat menjadi 22 siswa (62,85%) dan siklus III meningkat menjadi 27 siswa (77,14%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Team Quiz mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara pada siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-021
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Team Quiz, Keaktifan Siswa, Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2011 07:52
Last Modified: 18 Apr 2011 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item View Item