ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ANGGARAN (Survey Pada Perusahaan Manufaktur di Surakarta)

SUJIATI, SRI (2007) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ANGGARAN (Survey Pada Perusahaan Manufaktur di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Anggaran” dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan anggaran dan faktor mana yang memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap tercapainya efektivitas pelaksanaan anggaran. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan data primer yang diambil dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer perusahaan manufaktur yang berada di wilayah Surakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 30 manajer dari 5 perusahaan manufaktur di Surakarta yang diambil dengan menggunakan teknik non random purposif sampling. Uji validitas dan reliabilitas angket menggunakan korelasi product moment dan cronbach’s alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan manajer, pengalaman manajer, kejelasan sasaran anggaran, dan partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh secara signifikan terhadap evektivitas pelaksanaan anggaran bila secara serentak maupun parsial. Hasil uji F memperoleh nilai Fhitung (13.091)> ttabel (2.92) diterima pada taraf signifikansi Fhitung α = 5%. Kemudian hasil uji t untuk variabel pendidikan manajer memperoleh nilai thitung sebesar 2.800, variabel pengalaman sasaran anggaran memperoleh thitung sebasar 3.011, variabel kejelasan sasaran anggaran memperoleh thitung 2.312 dan nilai thitung variabel partisipasi penyusunan anggaran adalah sebesar 5.689 diterima pada taraf signifikansi 0.000

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas pelaksanaan anggaran
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 09:10
Last Modified: 08 Apr 2011 11:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11342

Actions (login required)

View Item View Item