Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika Siswa Kelas 5 Sdn 3 Jatipurwo, Jatipurno, Wonogiri

SETIYAWATI, ERA and -, Prof. Dr. Endang Fauziati, M.Hum and -, Dr. Darsinah, M.Si (2022) Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika Siswa Kelas 5 Sdn 3 Jatipurwo, Jatipurno, Wonogiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat pernyataan 13-Aug-2022 08-50-40.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (676kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan sehari-hari sering dituangkan dalam bentuk soal cerita matematika. Namun, matematika sering dipandang menakutkan karena sulit dipelajari sehingga menyebabkan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika; (2) menjelaskan faktor yang menyebabkan kesalahan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika; (3) menjelaskan solusi untuk meminimalisir kesalahan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar jawaban soal dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) jenis kesalahan yang dominan dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. (2) Faktor kognitif penyebab kesalahan pemecahan masalah soal cerita matematika adalah (a) kelemahan mengingat; (b) kelemahan memahami; dan (c) kelemahan menganalisis. Sedangkan faktor non kognitif penyebab kesalahan pemecahan masalah soal cerita matematika adalah (a) cara belajar siswa; (b) cara guru menyusun soal; (c) suasana rumah; (d) fasilitas rumah; dan (e) perhatian orangtua. (3) Solusi untuk meminimalisir kesalahan pemecahan masalah soal cerita matematika adalah: (a) pembelajaran tatap muka secara langsung; (b) memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita; (c) membuat soal cerita dengan bahasa komunikatif; (d) menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan soal cerita; (e) memberikan penjelasan menggunakan alat peraga konkret.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Jenis Kesalahan, Faktor Penyebab Kesalahan, Solusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: ERA SETIYAWATI
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:03
Last Modified: 16 Aug 2022 07:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104039

Actions (login required)

View Item View Item