Efektivitas Model Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom Pada Mata Pelajaran Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Di SMK Muhammadiyah 1 Jatinom Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021

Fitrianingrum, Wulan Febriana and , Nurul Latifatul Inayati, S.Pd.I, M.Pd.I., and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Dr. Mutohharun Jinan, M.Ag (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom Pada Mata Pelajaran Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Di SMK Muhammadiyah 1 Jatinom Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NAKSAH PUBLIKASI WULAN.pdf

Download (669kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan dapat ditandai dengan diterapakanya pembelajaran daring. Penggunaan model pembelajaran daring dapat menjadi pilihan disaat pembelajaran tatap muka tidak dapat dilaksanakan seperti biasa. Guru dapat membuat membuat kelas online dengan menggunakan Google classroom sebagai pengganti model pembelajaran tatap muka. Disamping itu penggunaan google classroom dapat membantu dan juga terbilang efektif dalam penggunaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan menggunakan google classroom, mengukur keefektivitasan penggunaan google classroom sebagai model pembelajaran dan kendala-kendala yang dialami dalam penggunaan google classroom. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomologis untuk mengkaji mengenai efektivitas penggunaan aplikasi google classroom sebagai model pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan mengambil tempat dan subjek di SMK Muhammadiyah 1 Jatinom Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom pada mata pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dilakukan dengan mencatat, penugasan dan kuis, 2) efektivitas penggunaan aplikasi google classroom sebagai model pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan berjalan dengan efektif dan efisien, 3) kendala-kendala dalam penggunaan google classroom dalam proses pembelajaran daring dialami oleh siswa dan guru. Kendala siswa: kuota, rasa bosan dan sinyal. Kendala guru: dituntut dalam kreativitas pembelajaran daring. Solusi dalam mengatasi kendala siswa : tugas dikumpulkan di sekolah dengan menggunakan protokol kesehatan, pemberian kuota, dan pemanfaatan wifi sekolah. Solusi untuk guru: diadakanya pelatihan-pelatihan dalam penggunaan aplikasi pembantu pembelajaran daring. Kata kunci : Efektivitas, Daring, Google Classroom Abstrac Technological advances in the world of education can be marked by the application of online learning. The use of online learning models can be an option when face-to-face learning cannot be carried out as usual. Teachers can create online classes by using Google classroom as a substitute for face-to-face learning models. Besides, the use of Google Classroom can help and is also quite effective in its use. This study aims to describe the learning process of Al-Islam and Kemuhammadiyahan using google classroom, measuring the effectiveness of using google classroom as a learning model and the constraints experienced in using google classroom. This research is a qualitative research and uses a phenomological approach to examine the effectiveness of using the Google Classroom application as a learning model. The research was conducted by taking the place and subject at SMK Muhammadiyah 1 Jatinom Klaten. Data collection was done by interview, observation and documentation. The results showed that 1) the online learning process using the google classroom application on Al-Islam and Kemuhammadiyahan subjects was carried out by taking notes, assignments and quizzes, 2) the effectiveness of using the google classroom application as an online learning model on Al-Islam and Kemuhammadiyahan subjects running. effectively and efficiently, 3) the obstacles in using google classroom in the online learning process are experienced by students and teachers. Student constraints: quotas, boredom and signals. Teacher constraints: demanded in online learning creativity. Solutions to overcome student problems: assignments are collected at school by using health protocols, giving quotas, and using school wifi. Solutions for teacher: holding reaining in using online learning aid applications. Keywords: Effectiveness, Online, Google Classroom

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kata kunci
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: WULAN FEBRIANA FITRIANINGRUM
Date Deposited: 17 Sep 2021 06:36
Last Modified: 17 Sep 2021 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/94356

Actions (login required)

View Item View Item