Puspita Sarizki, Ika and -, Dr. Sumardi, M.Si (2021) Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Teori Polya pada Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (835kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (Memo Perpustakaan)
Memo Perpustakaan 17.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis kesalahan dan penyebab yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal Persamaan Garis Lurus berdasarkan Teori Polya pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Teori polya terdiri dari 4 tahap yaitu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, menyelesaikan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, tes, dan wawancara. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat kesalahan dalam menyelesaikan soal Persamaan Garis Lurus berdasarkan langkah Polya, yaitu 1) kesalahan memahami masalah sebesar 7,62%, siswa tidak menuliskan secara lengkap apa yang diketahui dan ditanyakan oleh soal, 2) kesalahan membuat rencana penyelesaian sebesar 16,19%, siswa salah dalam membuat pemisalan, 3) kesalahan menyelesaikan rencana penyelesaian sebesar 35,24%, siswa salah dalam melakukan proses perhitungan dan beberapa siswa tidak mengerjakan sampai selesai, dan 4) kesalahan memeriksa kembali sebesar 40,95%, siswa tidak merefleksikan penyelesaian. Faktor penyebab dari kesalahan tersebut yaitu siswa kurang menguasai materi, bingung, lupa menuliskan, kurang teliti, dan terburu-buru dalam mengerjakan soal.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis kesalahan, persamaan garis lurus, teori polya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | IKA PUSPITA SARIZKI |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 02:27 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 02:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/88470 |
Actions (login required)
View Item |