WIJANANTI , EMI (2010) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOLABAN TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A210060112.pdf Download (123kB) |
|
PDF
A210060112.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS (2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban yang berjumlah 238 siswa. Sampel diambil sebanyak 60 siswa secara teknik non random dengan sampling kuota. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung 4,063 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan uji t diperoleh thitung 3,191 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Ada pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa Fhitung 15,855 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Persamaan regresi: Y= 54,159 + 0,271 X1 + 0,230 X2. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 60,25% dan sumbangan efektif 21,53%. Variabel lingkungan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 39,75% dan sumbangan efektif 14,21%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar IPS dibandingkan variabel lingkungan belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, lingkungan belajar dan prestasi belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 15 Oct 2010 09:42 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 15:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8681 |
Actions (login required)
View Item |