PAMBUDI , DANANG SETYO (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP (MIND MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 3 BAYAT KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A420060034.pdf Download (50kB) |
|
PDF
A420060034.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada topik Ekosistem dengan menggunakan strategi pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) pada siswa SMP Negeri 3 Bayat kelas VII D tahun Ajaran 2009/2010. Metode Penelitian ini teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan Dialog awal, Metode observasi, Metode tes, Metode dokumentasi dan kemudian diawali dengan diskusi memberikan konsep mengenai ekosistem dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 61,205); ranah afektif = 15,66 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 73,641 atau meningkat sebesar 12,436 dari siklus I; ranah afektif = 18,41 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 2,75 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 76,538 atau meningkat sebesar 2,897 dari siklus II; ranah afektif = 21,28 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 2,87 dari siklus II) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran strategi peta konsep dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan adanya peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Bayat Tahun Ajaran 2009/2010.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Strategi Pembelajaran Peta Konsep, Ekosistem. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 31 Aug 2010 02:25 |
Last Modified: | 14 Nov 2010 16:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8539 |
Actions (login required)
View Item |