IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Ngawi )

YUSLISTIANA , WULAN (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Ngawi ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060206.pdf

Download (144kB)
[img] PDF
A410060206.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle (LC) “5E” dengan mengoptimalkan media Work Sheet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 3 Ngawi yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan Segi empat melalui model pembalajaran Learning Cycle (LC) “5E” dengan mengoptimalkan media Work sheet. Hal ini dapat dilihat dari : 1) perhatian dan antusias siswa dalam pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (48,2%), di akhir tindakan menjadi 23 siswa (85,2%), 2) siswa yang mengemukakan ide atau gagasannya sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (22,2%), di akhir tindakan naik menjadi 19 siswa (70,4%), 3) keberanian mengajukan pertanyaan pada guru sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (18,5%), di akhir tindakan naik menjadi 18 siswa (66,6%), dan 4) kemandirian siswa dalam mengerjakan soal sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (37%), di akhir tindakan naik menjadi 23 siswa (85,2%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas siswa yang mendapat nilai ≥65 hanya sebanyak 10 siswa (37%) dan di akhir tindakan menjadi 23 siswa (85,2%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle (LC) “5E” dengan mengoptimalkan media Work sheet dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pula terhadap peningkatan prestasi belajarnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Learning_Cycle_5E, Work_Sheet, motivasi_belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 05:37
Last Modified: 14 Nov 2010 18:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8387

Actions (login required)

View Item View Item