Wijayanto, Mahfud Dwi and -, Drs. Ariyanto, M.Pd. (2020) Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Koordinat Kartesius Berdasarkan Tahapan Kastolan pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI N (1).pdf Download (522kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN (3).pdf Download (417kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
|
PDF (Memo)
Memo Perpus 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesalahan dan menganalisis faktor penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi koordinat kartesius berdasarkan tahapan kastolan pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 5 surakarta. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan dengan desain penelitian studi kasus yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tulis , wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa yang melakukan kesalahan konseptual sebanyak 27,46%, kealahan prosedural sebanyak 30,05%, dan kesalahan teknikal sebanyak 42,49% Kesalahan yang dilakukan siswa disebabkan karena siswa tidak dapat memahami maksud isi soal dan materi yang berkaitan dengan soal, siswa tidak mengetahui langkah-langkah atau prosedur dalam menyelesaikan soal, kurang teliti dalam mengerjakan soal.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan, Koordinat Kartesius, Kastolan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MAHFUD DWI WIJAYANTO |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 13:14 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 13:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83082 |
Actions (login required)
View Item |