PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TENTANG PENTINGNYA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE INDEX CARD MATH (MENCARI PASANGAN) PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SUMBEREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ARYANI, FITRI AGUSTIN (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TENTANG PENTINGNYA KEUTUHAN NKRI MELALUI METODE INDEX CARD MATH (MENCARI PASANGAN) PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SUMBEREJO KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A510070568.PDF

Download (28kB)
[img] PDF
A510070568.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa SD Negeri 01 Sumberejo Kecamatan Kerjo.(2) untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang pentingnya keutuhan NKRI pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Sumberejo semester I tahun pelajaran 2009/2010 melalui penerapan metode index card match.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Sumberejo Kecamatan Kerjo pada semester I tahun pelajaran 2009/2010.Jumlah siswa tersebut adalah 20 siswa terdiri dari 11 siswa putri dan 9 siswa putra dengan Sri Rahayu,S.Pd bertindak sebagai guru kelas.Penelitian mengambil materi pentingnya keutuhan NKRI pada mata pelajaran PKn. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang berupa hasil pengamatan terhadap motivasi dan hasil belajar PKn Hasil analisis data nya adalah : (1) penerapan model pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dapat meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 01 Sumberejo tahun pelajaran 2009/2010. (2) penerapan model pembelajaran keutuhan NKRI dapat meningkatkan hasil prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 01 Sumberwejo tahun pelajaran 2009/2010 terbukti dari peningkatan rata-rata nilai dari siklus I sebesar 58,05 menjadi 63,50 pada siklus II dan 67,25 pada siklus III. Terkait dengan hasil tersebut, disampaikan saran sebagai berikut: perolehan nilai siswa selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pentingnya keutuhan NKRI. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode index card match ternyata dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini nampak jelas pada tindakan yang dilaksanakan, bahwa dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis tindakan yang dirumuskan yaitu : “Melalui penerapan metode index card match dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pentingnya keutuhan NKRI” dapat dibuktikan kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar metode index card math
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jun 2010 09:13
Last Modified: 13 Nov 2010 05:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7585

Actions (login required)

View Item View Item