PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PRABOWO , MUJIANTO AGUNG (2010) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DAN CARA SISWA MENGATASI KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLOKARTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A220050016.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
A220050016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Adakah pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari Persepsi Siswa Mengenai Strategi Pembelajaran Guru dan Cara Siswa Mengatasi Kesulitan Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Polokarto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 204 siswa. Sampel diambil sebanyak 30 siswa dengan teknik Quota Purposive Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji keberartian regresi linear ganda, dan perhitungan sumbangan relatif dan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: “Ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari persepsi siswa mengenai stategi pembelajaran guru dan cara siswa mengatasi kesulitan belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaran bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto Tahun Pelajaran 2009/2010”. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 10,429 > 3,354. Variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru memberikan sumbangan relatif sebesar 37,6% dan sumbangan efektif 16,4%. Sedangkan variabel cara siswa mengatasi kesulitan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 62,4% dan sumbangan efektif 27,2%. Berdasarkan besarnya sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel cara siswa mengatasi kesulitan belajar memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaran dibandingkan variabel persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa mengenai strategi pembelajaran guru, cara siswa mengatasi kesulitan belajar dan prestasi belajar pendidikan kewarganegaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2010 06:02
Last Modified: 15 Nov 2010 03:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7420

Actions (login required)

View Item View Item