Priyanto, Teguh (2008) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN OSIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MOJOGEDANG KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A220040021.pdf Download (80kB) |
|
PDF
A220040021.pdf Restricted to Repository staff only Download (759kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh aktivitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojogedang Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojogedang Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar yang keseluruhannya berjumlah 239 orang siswa, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 40 remaja dengan prosedur pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu ”Quota Purposive Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai metode pokok dan wawancara sebagai metode bantu. Angket digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas belajar siswa maupun partisipasi dalam kegiatan OSIS. Dokumentasi untuk mengumpulkan data prestasi belajar yang tertulis dalam buku rapot setiap siswa. Wawancara untuk mengkonfirmasikan data yang telah terkumpul melalui angket. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus :.............. Hasil analisis regresi diperoleh Freg sebesar = 16,139, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 atau 2 lawan 38 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,23. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 16,139 > 3,23 Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari aktivitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojogedang Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2007/2008. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang berarti (signifikan) dari aktivitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojogedang Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2007/2008, terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Variabel Aktivitas belajar siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 63,60% dan sumbangan efektif 29,63%. Variabel partisipasi dalam kegiatan OSIS memberikan sumbangan relatif sebesar 36,40% dan sumbangan efektif 16,961%. Sehingga nampak bahwa variabel aktivitas belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan variabel partisipasi dalam kegiatan OSIS. Dengan demikian jika aktivitas belajar siswa tinggi maka dapat dipastikan adanya peningkatan prestasi belajar pada siswa yang bersangkutan. Dari perhitungan di atas menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar PKn pada siswa adalah sebesar 53,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain misalnya ketaatan kepada Tuhan YME dan teman bermain lingkungan pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka perlu dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan partisipasi dalam kegiatan OSIS yang dapat mempengaruhi prestasi belajar PKn pada siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar siswa, kegiatan OSIS, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Dec 2008 04:38 |
Last Modified: | 01 Feb 2011 05:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/740 |
Actions (login required)
View Item |