PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VII G SEMESTER GENAP (PTK di SMP Negeri 1 Karangmalang Tahun Ajaran 2008 / 2009)

FAKHRUDIN, MUHAMMAD (2009) PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE, INTEGRATED, READING AND COMPOSITION PADA SISWA KELAS VII G SEMESTER GENAP (PTK di SMP Negeri 1 Karangmalang Tahun Ajaran 2008 / 2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050238.PDF

Download (165kB)
[img] PDF
A410050238.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan minat belajar siswa pada bangun datar segitiga dalam pembelajaran matematika dan peningkatan prestasi belajar siswa dengan strategi pembelajaran cooperative, integrated, reading and composition. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIG SMP Negeri 1 Karangmalang yang berjumlah 41 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segitiga. Hal ini dapat dilihat dari 1) Keinginan siswa untuk menjawab pertanyaan dari guru sebelum diadakan tindakan sebesar 17.07 %, pada putaran I sebesar 26.82 %, pada putaran II sebesar 36.58 %, di akhir putaran mencapai 51.26%, 2) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 9.76 %, pada putaran I sebesar 17.07 %, pada putaran II sebesar 26.82 %, di akhir putaran mencapai 39.02 %, 3) Kemauan siswa untuk mengerjakan latihan soal didepan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 7.3%, pada putaran I sebesar 21.95%, pada putaran II sebesar 26.82%, di akhir putaran mencapai 46.34%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap 29.27 %, pada putaran I mencapai daya serap 46.34 %, pada putaran II mencapai daya serap 60.98 % sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 82.93 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran cooperative, integrated, reading and composition dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, prestasi, CIRC
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 05:04
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7220

Actions (login required)

View Item View Item