TAMARUDIN, ARIS (2008) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP HIMPUNAN MELALUI PEMECAHAN MASALAH (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII MTs Raudlatut Tholibin). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Sarakarta.
PDF
A410030207.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep himpunan melalui pemecahan masalah. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Raudlatut Tholibin yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode tes, metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Data dianalisis secara deskriptif model alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman konsep himpunan mengalami peningkatan yaitu peningkatan kemampuan siswa dalam menyebutkan konsepkonsep meningkat hingga putaran III sebanyak 27 siswa (77%). Siswa mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis meningkat hingga putaran III sebanyak 26 siswa (74,8%). Siswa yang mampu mengembangkan suatu konsep untuk memecahkan masalah meningkat sebanyak 25 siswa (71,4%). Kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep ke pemecahan masalah meningkat sebanyak 21 siswa (60%). Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep himpunan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan, pemahaman_,konsep, pemecahan_ masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 01 Dec 2008 07:20 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 10:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/697 |
Actions (login required)
View Item |