Analisis Perbandingan Metode Full Costing Dengan Variable Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Produk (Studi Kasus: Percetakan AYu Karawang)

fauziyyah, Afifah and , Dr. Indah Pratiwi, S.T., M.T. (2018) Analisis Perbandingan Metode Full Costing Dengan Variable Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Produk (Studi Kasus: Percetakan AYu Karawang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi 2.pdf

Download (809kB)
[img] PDF (BAB I)
bab 1 baru.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II)
bab 2 baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan 2.pdf

Download (268kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Percetakan Ayumerupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang grafis dan printing yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun. Dalam menentukan harga jualnya Percetakan Ayu melihat dari nilai pasar kemudian dipilih yang paling terkecil dari nilai pasar tersebut. Percetakan Ayu menetapkan presentase laba sebesar 5% dari biaya produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode full costing dan variable costing sebagai dasar penentuan harga jual produk (Studi Kasus: Percetakan Ayu Karawang). Selain itu penulis mempunyai tujuan lain yaitu untuk memberikan masukan kepada manajemen dari pihak Percetakan Ayu dalam pengambilan keputusan, terutama dalam penetapan harga jual. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 10 jenis produk buku seperti buku tulis, buku memo, buku pelajaran, buku nota, buku kwitansi, buku invoice, buku perjanjian kerja bersama (PKB), buku peraturan perusahaan, buku bacaan dan buku memo. Alasan penulis memilih 10 sampel jenis buku tersebut karena berdasarkan pesanan yang paling banyak dipesan oleh konsumen. Penelitian penentuan harga jual menggunakan metode full costing dan variable costing, dimana data tersebut diperoleh dengan cara studi literatur, studi kasus dan wawan cara, dimana wawancara dilakukan secara langsung kepada pihak-pihak yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada perbedaan perhitungan harga jual perusahaan dengan perhitungan dengan menggunakan metode full costing dan variable costing. (2) berdasarkan perbandingan perhitungan harga jual antara metode full costing dengan metode variable costingmaka Percetakan Ayu dapat memilih metode variable costing untuk penentuan harga jual produk, karena metode variable costing memperhitungkan semua biaya – biaya yang digunakan baik dalam pembuatan, pemasaran maupun biaya untuk mengkoordinasi kegiatan dan biaya – biaya tersebut dikelompokkan berdasarkan perilaku biaya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga jual, Full Costing, Variable Costing
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: AFIFAH FAUZIYYAH
Date Deposited: 13 Nov 2018 07:22
Last Modified: 13 Nov 2018 07:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/68889

Actions (login required)

View Item View Item