Relevansi Materi Teks Sastra Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Dengan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Wijaya, Vellis Yoelistya and -, Dra. Main Sufanti, M.Hum. (2018) Relevansi Materi Teks Sastra Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Dengan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf

Download (611kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Vellis.pdf

Download (578kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan jenis teks sastra, (2) mendeskripsikan jenis materi teks sasta dan (3) memaparkan relevansi materi ajar teks sastra pada buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian analisis isi. Data berupa bahan lunak (soft data) yang berwujud kata, kalimat, paragraf. Sumber data buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII SMP/MTs. Penulis E. Kosasih, penerbit kemendikbutd, edisi revisi 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik pustaka, simak, dan catat. Keabsaan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yatu analisis isi dan perbandingan (komperasi). Hasil penilitian ini yaitu (1) jenis teks sastra dalam buku Bahasa Indonesia kelas VIII meliputi teks puisi, ulasan dan drama; (2) materi ajar teks sastra dalam buku Bahasa Indonesia kelas VIII mengandung jenis aspek materi pembelajaran kognitif (fakta, konsep, dan prosedur), afektif (penerimaan dan penilaian), psikomotorik (berbicara, menulis, membaca, dan menyimak); (3) materi ajar teks sastra dalam buku ini relevan dengan tuntutan KI, tetapi, untuk KI-1 kurang relevan karena sebagian besar materi teks sastra belum relevan dengan KI-1; (4) Materi ajar teks sastra dalam buku ini belum relevan dengan tuntutan KD Kurikulum 2013. Kurang relevan karena masih ada beberapa materi ajar yang belum relevan dengan KD yang telah ditentukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: materi ajar, teks sastra, buku teks, kurikulum
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: VELLIS YOELISTYA WIJAYA
Date Deposited: 15 Aug 2018 04:56
Last Modified: 15 Aug 2018 05:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66633

Actions (login required)

View Item View Item