Wijaya, Vellis Yoelistya and -, Dra. Main Sufanti, M.Hum. (2018) Relevansi Materi Teks Sastra Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Dengan Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf Download (611kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Vellis.pdf Download (578kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (371kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan jenis teks sastra, (2) mendeskripsikan jenis materi teks sasta dan (3) memaparkan relevansi materi ajar teks sastra pada buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian analisis isi. Data berupa bahan lunak (soft data) yang berwujud kata, kalimat, paragraf. Sumber data buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII SMP/MTs. Penulis E. Kosasih, penerbit kemendikbutd, edisi revisi 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik pustaka, simak, dan catat. Keabsaan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yatu analisis isi dan perbandingan (komperasi). Hasil penilitian ini yaitu (1) jenis teks sastra dalam buku Bahasa Indonesia kelas VIII meliputi teks puisi, ulasan dan drama; (2) materi ajar teks sastra dalam buku Bahasa Indonesia kelas VIII mengandung jenis aspek materi pembelajaran kognitif (fakta, konsep, dan prosedur), afektif (penerimaan dan penilaian), psikomotorik (berbicara, menulis, membaca, dan menyimak); (3) materi ajar teks sastra dalam buku ini relevan dengan tuntutan KI, tetapi, untuk KI-1 kurang relevan karena sebagian besar materi teks sastra belum relevan dengan KI-1; (4) Materi ajar teks sastra dalam buku ini belum relevan dengan tuntutan KD Kurikulum 2013. Kurang relevan karena masih ada beberapa materi ajar yang belum relevan dengan KD yang telah ditentukan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | materi ajar, teks sastra, buku teks, kurikulum |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | VELLIS YOELISTYA WIJAYA |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 04:56 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 05:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66633 |
Actions (login required)
View Item |