Kritik Sosial dalam Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata: Kajian Sosiologi Sastra dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta

Murwaningtyas, Auna and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. (2018) Kritik Sosial dalam Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata: Kajian Sosiologi Sastra dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB UPLOAD.pdf

Download (556kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (709kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV-6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel Sirkus Pohon, (2) mendeskripsikan kritik sosial dalam novel Sirkus Pohon, (3) mendeskripsikan kelayakan hasil penelitian novel Sirkus Pohon sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Data berupa kutipan kata, kalimat, dan paragraf dalam novel yang menunjukkan kritik sosial serta persepsi guru bahasa Indonesia SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tentang kelayakan bahan ajar hasil penelitian. Sumber data yaitu novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data yaitu teknik pustaka, simak catat, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu teknik dialektika. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) struktur pembangun novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata adalah tema dan fakta cerita yang meliputi alur, penokohan, dan latar. Tema tentang kehidupan politik yaitu menghalalkan segala cara untuk memperoleh kekuasaan. Alur yaitu alur mundur. Tokoh utama yaitu Sobrinudin. Latar tempat di Desa Ketumbi, Tanjong Lantai, Bangka Belitung. Latar waktu berlangsung sekitar tahun 1990-an sampai 2000-an. Latar sosial yaitu kehidupan masyarakat berpendidikan rendah dan golongan menengah ke bawah. (2) Kritik sosial yang ditemukan dalam novel meliputi kritik politik tentang UU, pencitraan politikus, penyuapan dan penyalahgunaan jabatan; kritik pendidikan tentang sistem pendidikan; kritik agama tentang praktik dukun; kritik kebudayaan tentang kesenian rakyat; kritik keluarga tentang disorganisasi keluarga, dan kritik moral tentang pelabelan buruk. (3) Hasil penelitian dapat dijadikan bahan ajar berupa apresiasi novel, apresiasi sinopsis, analisis struktur novel, dan kritik sosial. Kriteria kelayakan keempat bahan ajar tersebut dapat dilihat dari Relevansinya dengan KI dan KD; pemilihan bahan ajar sastra ditinjau dari sudut bahasa, psikologi, latar belakang budaya peserta didik; dan tanggapan guru bahasa Indonesia serta dapat digunakan dalam pembelajaran sastra di SMA kelas XII semester 2 kurikulum 2013, khususnya di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kritik sosial, novel, pembelajaran sastra di SMA, sosiologi sastra
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: AUNA MURWANINGTYAS
Date Deposited: 15 Aug 2018 02:09
Last Modified: 15 Aug 2018 02:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66627

Actions (login required)

View Item View Item