Aslam, Aisyah Mutia and -, Enita Dewi, S.Kep., Ns., M.N (2018) Hubungan Kecakapan Pasien Simulasi (Standardized Patient) dengan Hasil Evaluasi Osca. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (150kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (201kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) | Request a copy |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI-1.pdf Download (180kB) |
Abstract
Objective Structured Clinical Assesment (OSCA) merupakan alat uji yang digunakan untuk mengevaluasi pengetahuan, keterampilan komunikasi, keterampilan kompetensi pemeriksaan fisik, keterampilan dalam menginterpretasikan dan menganalisa hasil pemeriksaan diagnostik, menilai perilaku dan hubungan interpersonal. Pasien simulasi merupakan komponen penting yang harus ada dalam pelaksanaan OSCA, bagaimana kecakapan pasien simulasi dalam memainkan perannya sebagai pasien dalam OSCA dapat mempengaruhi hasil evaluasi OSCA. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara kecakapan pasien simulasi dengan hasil evaluasi OSCA mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, menggunakan sampel 83 mahasiswa reguler semester II, IV, dan VI keperawatan. Teknik sampling menggunakan proportional startified random sampling. Isntrumen menggunakan kuesioner modifikasi yang telah divaliditas dan reliabel dan hasil evaluasi mahasiswa dalam melakukan OSCA. Analisa data menggunakan uji Pearson. Hasil penelitian skor kecakapan yang tertinggi diperoleh oleh pasien simulasi adalah 93 dengan hasil evaluasi tertinggi dengan perolehan nilai 98, uji hasil Pearson p=0,299 (p>0,05). Tidak terdapat hubungan bermakna antara kecakapan pasien simulasi dengan hasil evaluasi OSCA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecakapan, OSCA, pasien simulasi, hasil evaluasi. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan |
Depositing User: | AISYAH MUTIA ASLAM |
Date Deposited: | 11 Aug 2018 01:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2018 01:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/65984 |
Actions (login required)
View Item |