RATNAWATI, EKA (2018) Pengelolaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1 Karangduren Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah publikasi.pdf Download (181kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (169kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (274kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah)
Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
Abstract
Eka Ratnawati. Q 100160081. Pengelolaan Media Pembelajaran di SDN 1 Karangduren. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2018. Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, banyak sekolah yang kurang memahami arti penting media pembelajaran dalam mendukung pembelajaran di kelas. Media pembelajaran belum dipandang sebagai faktor penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan. 1. Perencanaan media pembelajaran di SDN 1 Karangduren. 2. Pemanfaatan media pembelajaran di SDN 1 Karangduren. 3. Pemeliharaan media pembelajaran di SDN 1 Karangduren. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif. Penelitian ini memiliki hasil. 1. Perencanaan media pembelajaran meliputi. a. Menginventarisir jenis media pembelajaran. b. Merelevansikan media dengan materi ajar sepeti penggunaan globe pada mata pelajaran IPS. c. Mengkonfirmasikan media pembelajaran dengan guru lain atau teman satu gugus. d. Mempersiapkan dukungan buku paket dari pemerintah. e. Menuangkan rencana penggunaan media dalam perangkat pembelajaran. 2. Pemanfaatan media pembelajaran meliputi. a. Mampu menunjukkan media pembelajaran mampu membuat siswa lebih mudah memahami materi ajar. b. Mampu menunjukkan media pembelajaran meningkatkan rasa ingin tahu tentang ilmu-ilmu baru. c. Mampu menunjukkan media pembelajaran membantu guru memberikan penjelasan materi pembelajaran. d. Mampu menunjukkan media pembelajaran mengurangi teori pembelajaran secara verbal. 3. Pemeliharaan media pembelajaran meliputi. a. Menjaga media pembelajaran berupa materi atau benda di lemari khusus. b. Media pembelajaran berupa file disimpan di komputer. c. Pemeliharaan media yang rusak diperbaiki guru langsung atau tenaga ahli. Kata kunci: pengelolaan, media, pembelajaran
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, media, pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | EKA RATNAWATI |
Date Deposited: | 11 Apr 2018 07:27 |
Last Modified: | 11 Apr 2018 07:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/61972 |
Actions (login required)
View Item |