PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIIB SMP N 2 SUKODONO SRAGEN TAHUN AJARAN 2008/2009

SUMARYATI, SUMARYATI (2009) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIIB SMP N 2 SUKODONO SRAGEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050103.PDF

Download (54kB)
[img] PDF
A420050103.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan strategi pembelajaran Questionts Students Have adalah sebagai variasi pembelajaran yang dimaksudkan untuk menggairahkan belajar siswa dan siswa akan lebih berperan aktif dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi, minat siswa terhadap pelajaran biologi yang dilakukan pada siswa kelas VIII B SMP N 2 Sukodono, Sragen tahun ajaran 2008/2009 menggunakan pembelajaran Questions Students Have. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas VIII B SMP Negeri 2 Sukodono Sragen. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa VIII B SMP Negeri 2 Sukodono Sragen tahun ajaran 2008/2009. Penelitian diawali dengan proses belajar mengajar dan diakhiri postes pada setiap siklusnya. Untuk memperoleh data minat siswa diperoleh dengan memberikan angket minat belajar kepada siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siklus I (Ranah kognitif sebesar 6,85 ) atau meningkat sebesar 2,17 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 1,59. Sedangkan ranah afektif sebesar 26,8 (Termasuk kategori kurang berminat) dengan standar deviasi (SD) sebesar 3,17. Rata nilai siklus II (Ranah kognitif sebesar 8,15) atau meningkat sebesar 1,3 dari nilai siklus I dengan standar deviasi sebesar 0,83 sedangkan ranah afektif sebesar 42,35 (Termasuk kategori berminat) dengan standar deviasi sebesar 1,90. Hasil angket minat siswa didapat hasil 6 siswa termasuk kriteria sangat berminat dan 34 siswa berminat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Questions Students Have efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan membuat siswa berminat mengikuti pelajaran biologi yang dilakukan pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sukodono Sragen tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Questions Students Have, hasil belajar dan minat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2010 08:21
Last Modified: 13 Nov 2010 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5610

Actions (login required)

View Item View Item