PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI PENERAPAN MODEL PAKEM DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009.

ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2009) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI PENERAPAN MODEL PAKEM DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220050014.pdf

Download (72kB)
[img] PDF
A220050014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai penerapan model pakem dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) bagi siswa kelas X SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 346 siswa dan sampel penelitian 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket untuk data persepsi siswa mengenai penerapan model PAKEM dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg = Dari hasil perhitungan tersebut harga Freg dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan df (2;37;0,05) = 3,252, hasilnya Fhitung > Ftabel = 11,297 > 3,252, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh persepsi siswa mengenai penerapan model PAKEM dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn dapat diterima. Variabel persepsi siswa mengenai penerapan model PAKEM memberikan sumbangan relatif sebesar 41,8 % dan sumbangan efektif 15,8%. Variabel keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 58,2% dan sumbangan efektif 22,1%. Sehingga nampak bahwa variabel keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn siswa dibandingkan variabel persepsi siswa mengenai penerapan model PAKEM. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari persepsi siswa mengenai penerapan model PAKEM dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran terhadap prestasi belajar PKn, sehingga semakin baik persepsi siswa mengenai penerapan model PAKEM dan semakin aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran, maka semakin baik pula prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pakem, prestasi belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Nov 2009 09:01
Last Modified: 16 Nov 2010 04:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4550

Actions (login required)

View Item View Item