SEPTINA, DESTI DWI (2009) ANALISIS KESESUAIAN BUKU AJAR MATEMATIKA SD KELAS VI YANG DIGUNAKAN DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410040089.pdf Download (38kB) |
|
PDF
A410040089.pdf Restricted to Repository staff only Download (897kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendiskripsikan isi buku ajar matematika SD Kelas VIA kurikulum 2006 yang ditinjau dari aspek materi; (2) Untuk mengetahui nilai rata-rata kesesuaian isi buku SD Kelas VIA kurikulum 2006 yang ditinjau dari aspek materi. Buku ajar yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh buku ajar matematika SD Kelas VIA kurikulum 2006 yang beredar dipasaran. Buku yang dijadikan sample terdiri dari empat buku, yaitu buku terbitan Erlangga, Grasindo, Tiga Serangkai dan Yudistira. Pengambilan sampel dilakukan secara non random. Dalam hal ini peneliti bertindak sebagai perencana, pelaksanaan pengumpulan data, penafsir data dan pelapor hasil penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama dan didukung instrumen berupa lembar validasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan : (1) Secara umum isi keempat buku tersebut cukup mememuhi kategori variabel aspek materi yang diterapkan dalam penelitian; (2) Besar rata-rata kesesuaian nilai buku ajar adalah Erlangga: 82; Grasindo: 79,75; Tiga Serangkai: 83,5; Yudhistira: 78,25. (3) Keempat buku tersebut kurang dalam melibatkan siswa secara aktif karena kurang memotivasi dalam menentukan kesimpulan. Sebagian besar dari buku-buku tersebut tidak menampilkan kesimpulan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku ajar matematika, kurikulum 2006. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 06 Nov 2009 07:18 |
Last Modified: | 02 May 2011 09:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4525 |
Actions (login required)
View Item |