Anissa Budi N, Arjuna and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2016) Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Drajitan Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (252kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (314kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia melalui role playing pada siswa kelas V SD Negeri Drajitan Musuk Boyolali. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri Drajitansebagai subjek yang melakukan tindakan dan objek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negri Drajitan Musuk Boyolali tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 37 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Drajidan Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2015. Hal ini dapat dilihat dari presentase nilai kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri Drajidan pada prasiklus mencapai 43,32%, siklus I pertemuan I 64,86% dan pada pertemuan II sebesar 70,03%, siklus II pertemuan I sebesar 75,68% dan pertemuan II 83,78%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai kemampun berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoesia mencapai nilai KKM dengan presentase siswa yang nilainya diatas ≥ 65 terdapat 83,78 % atau 31 dari 37 siswa yang masuk.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berbicara, role playing. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | ARJUNA ANISSA BUDI NUGRAHINI |
Date Deposited: | 04 May 2016 06:49 |
Last Modified: | 04 May 2016 06:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/43133 |
Actions (login required)
View Item |