Studi Eksperimen Gasifikasi Menggunakan Fluidized Bed Gasifier Berbahan Bakar Sekam Padi, Serbuk Gergaji Kayu Jati Dan Serbuk Gergaji Kayu Sengon Penghasil Syngas

Riyadi, Muhammad Akbar and , Nur Aklis, ST., M. Eng. and , Ir. Sartono Putro, MT. (2015) Studi Eksperimen Gasifikasi Menggunakan Fluidized Bed Gasifier Berbahan Bakar Sekam Padi, Serbuk Gergaji Kayu Jati Dan Serbuk Gergaji Kayu Sengon Penghasil Syngas. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (803kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] PDF (V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)

Abstract

Di Indonesia yang hampir sebagian besar wilayahnya merupakan sektor pertanian mempunyai potensi akan biomassa yang sangat melimpah salah satunya adalah sekam padi, serbuk gergaji kayu dari kayu seperti kayu jati dan sengon pemanfaatan bahan sisa produksi tersebut belum maksimal salah satu cara pemanfaatan yang bisa dilakukan dengan proses gasifikasi menggunakan fluidized bed gasifier sebagai sumber energi berkelanjutan bagi Indonesia. Pengujian ini dimulai dengan memasukkan 10 kg pasir silika ukuran 40 mesh dan bahan bakar biomassa 5 kg yang mengalami reaksi oksidasi parsial dengan udara, oksigen, atau campurannya. Reaksi heterogen antara gas dan padatan di dalam reaktor gasifier. Reaktor Fluidized bed tersusun oleh padatan terfluidisasi sehingga padatan bergerak seiring dengan gerakan fluida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performance gasifikasi dengan metode fluidized bed gasifier. Dari penelitian yang dilakukan jenis bahan bakar berpengaruh terhadap temperatur reaktor, temperatur pembakaran, waktu lama pendidihan air, nyala efektif dan efisiensi thermal. Didapatkan Kalor sensible pada sekam padi sebesar 603,718 Kj. Bahan bakar serbuk gergaji kayu sengon campuran sekam padi 603,676 Kj dan bahan bakar serbuk gergaji kayu jati campuran sekam padi 603,670 Kj dan Kalor laten pada bahan bakar sekam padi sebesar 975,74 Kj, bahan bakar serbuk kayu sengon campuran sekam padi sebesar 627,61 Kj dan bahan bakar serbuk gergaji kayu jati campuran sekam padi sebesar 394,63 Kj. Sedangkan untuk temperatur tertinggi pada percobaan ini yaitu pada serbuk kayu sengon campuran sekam padi sebesar 337°C. Sedangkan bahan bakar sekam padi campuran serbuk gergaji kayu jati memiliki temperatur rata-rata tertinggi 306°C dan sekam padi mencapai rata-rata tertinggi 296°C. Bahan bakar sekam padi memiliki nyala efektif 90 menit, bahan bakar serbuk kayu jati campuran sekam padi 88 menit dan serbuk kayu sengon campuran sekam padi memiliki lama nyala efektif 68 menit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biomassa, reaktor fluidized bed, nyala efektif
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with username d200090089
Date Deposited: 29 Jan 2016 07:01
Last Modified: 13 Oct 2021 02:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40511

Actions (login required)

View Item View Item