Analisis Spasial Perubahan Penggunaan Lahan Pertanian Menjadi Permukiman Di Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2004-2011

FEBRIYANTO, Erwin and , Dr. Kuswaji Dwi Priyono, M.Si. and , Jumadi, S.Si, M.Sc. (2015) Analisis Spasial Perubahan Penggunaan Lahan Pertanian Menjadi Permukiman Di Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2004-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
11. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (493kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
10. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran perubahan penggunaan lahan pertanian ke permukiman dan mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan dari pertanian ke permukiman di daerah penelitian. Metode yang digunakan adalah analisa peta dan analisa data skunder. Data sekunder berupa peta penggunaan lahan tahun 2004 dan tahun 2011 serta data- data statistik yang berkaitan dengan perubahan penggunaan lahan di Kecamatan Tasikmadu. Analisa peta dengan teknik overlay/tumpang susun menggunakan Software Arc View 3.3 untuk mengetahui perubahan penggunaan lahan yang terjadi di lokasi penelitian. Hubungan antara perubahan pengunaan lahan dengan faktor yang mempengaruhinya dilakukan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisa korelasi product moment untuk tiap-tiap faktor yang mempengaruhi perubahan penggunaan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Perubahan penggunaan lahan pertanian menjadi permukiman yang terjadi di daerah penelitian selama kurun waktu 2004 – 2011 adalah seluas 76 ha. Dimana persebaran perubahan penggunaan lahan terjadi di hampir setiap Desa di Kecamatan Tasikmadu, yang paling tinggi terjadi di Desa Papahan yaitu seluas 25 ha (32,89%). Dari ketiga faktor tersebut salah satu diantaranya terdapat hubungan yang positif atau berpengaruh dengan perubahan penggunaan lahan yaitu, tingkat pertambahan jumlah fasilitas sosial ekonomi (r = 0,56), sedangkan dua faktor yang lain tidak mempengaruhi perubahan penggunaan lahan yang terjadi karena dari hasil perhitungan diatas didapatkan nilai r =0,36 untuk pertumbuhan penduduk, r = 0,34 untuk kepadatan penduduk. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang paling dominan dalam perubahan penggunaan lahan di daerah penelitian adalah faktor pertambahan fasilitas sosial ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lahan, Pemukiman, Pertanian
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:56
Last Modified: 11 Oct 2021 12:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/40038

Actions (login required)

View Item View Item