Lestari, Puji and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Card Sort Pada Pembelajaran IPA Kelas III SDN Kedumulyo 02 Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Maret.
PDF (Naskah Publikasi)
09. ARTIKEL SKRIPSI PUJI LESTARI.pdf Download (26MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
02. BAB I.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Bab II)
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
PDF (Bab III)
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
PDF (Bab IV)
05. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
|
PDF (Bab V)
06. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
11. SURAT PERNYATAAN PUBLIASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
Abstract
Dari hasil obserfasi kelas pra siklus penelitian Pembelajaran IPA di kelas III SDN Kedumulyo 02 dengan jumlah siswa 25.Dari data analisis nilai IPA bulan Februari 2015 menunjukkan bahwa 64 % siswa belum tuntas,selama ini kemampuan siswa dalam mata pelajaran IPA menghafal teori dan konsep saja,cenderung siswa pasif.Dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA dikelas III ini tergolong masih sangat rendah.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keaktifan belajar siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi card sort.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus kegiatan.Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN.Kedumulyo 02 metode observasi dan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan metode tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentage keaktifan siswa meningkat:1) Menjawab pertanyaan guru meningkat sebesar 24% dari 56% siklus I menjadi 80% pada siklus II.2) Dalam berdiskusi meningkat sebesar 20% dari 64% siklus I meningkat menjadi 84% pada siklus II. 3) Siswa bekerjasama meningkat sebesar 16% dari 64% siklus I menjadi 80% pada siklus II ,4) Menyajikan hasil di depan kelas meningka sebesart 40% dari 44% siklus I meningkat menjadi 88% pada siklus.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapkan strategi card Sort dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN Kedumulyo 02 tahun 2014/2015.Sukolilo Pati.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | card sort,keaktifan siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 01:59 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39620 |
Actions (login required)
View Item |