Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Menyontek Pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Pati

Rahmawati, Elis and , Yudhi Satria Restu, S.E., S.Psi., M.Si. (2015) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Menyontek Pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
04. Bab I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (BAB II)
05. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (BAB III)
06. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (BAB V)
08. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)

Abstract

Sistem pendidikan Indonesia menggunakan nilai tes atau evaluasi belajar terhadap materi yang diberikan sebelumnya untuk mengetahui kemampuan peserta didik, khususnya pada kemampuan akademiknya. Namun sayangnya banyak siswa dan siswi yang justru memiliki orientasi saat ujian hanya pada keberhasilan dalam ujian bukan pada ilmu yang diperoleh. Seseorang ketika tidak mau belajar keras, kurang tekun, dan merasa kurang percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya, namun ingin mendapatkan nilai yang tinggi, mereka dapat terdorong untuk melakukan perilaku menyontek Faktor yang mempengaruhi kecenderungan menyontek salah satunya adalah konsep diri. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan menyontek, 2) untuk mengetahui seberapa besar peranan konsep diri terhadap kecenderungan menyontek, 3) untuk mengetahui tingkat konsep diri siswa SMK Muhammadiyah 1 Pati, 4) untuk mengetahui tingkat kecenderungan menyontek siswa SMK Muhammadiyah 1 Pati. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : ada hubungan negatif antara konsep diri dengan kecenderungan menyontek pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Pati. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 1 Pati yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala kecenderungan menyontek dan skala konsep diri. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diketahui adahubungan negatif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan kecenderungan menyontek pada siswa SMK Muhammadiyah 1 Pati, ditunjukkan dengan nilai (r) = -0,407; dan p = 0,000; (p<0,01), berdasarkan pada nilai yang diperoleh kecenderungan menyontek rerata empirik (RE) sebesar 43,72 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 50 yang berarti kecenderungan menyontek pada subjek tergolong sedang. Variabel konsep diri mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 89,51 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 70 yang berarti konsep diri pada subjek tergolong tinggi. Sumbangan efektif yang diberikan variabel konsep diri terhadap kecenderungan menyontek sebesar 16,7%, ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) = 0,167. Kata Kunci : Konsep Diri, Kecenderungan Menyontek.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Kecenderungan Menyontek
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Unnamed user with username f100110034
Date Deposited: 25 Nov 2015 07:47
Last Modified: 12 Oct 2021 22:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39593

Actions (login required)

View Item View Item