Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPS Melalui Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Sumberan Tahun 2014/2015

Wibowo, Slamet and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPS Melalui Strategi Role Playing Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Sumberan Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI A54E131004 SLAMET WIBOWO ROLE PLAQYING.pdf

Download (487kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN SKRIPSI A54E131004 SLAMET WIBOWO ROLE PLAYING.pdf

Download (803kB)
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
8. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN ARTIKEL PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)

Abstract

Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang aktivitas ekonomi rendah. Untuk itu penelitian ini dilaksanakan. Tujuan skripsi ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPS melalui strategi role playing pada siswa kelas IV semester genap SD Negeri Sumberan Tahun 2014/2015. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mendasarkan pada teori-teori dan pengertian yang terkait dengan peningkatan motivasi belajar IPS tentang aktivitas ekonomi melalui strategi role playing. Penilitian tindakan kelas ini melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi) dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas IV SD Negeri Sumberan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknis analisis data menggunakan analisis interaktif. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber atau data. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat. Pada kondisi awal sebelum menggunakan strategi belajar role playing ketuntasan motivasi belajar siswa 33,3%. Setelah menggunakan strategi pembelajaran role playing pada siklus I ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat yaitu 66,6%. Karena belum tercapai yang di harapkan peneliti maka dilanjutkan siklus II. Dalam siklus II ketuntasan motivasi belajar siswa meningkat menjadi 83,3%. Ketercapaian ketuntasan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 16,7 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Sumberan Tahun 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, pembelajaran IPS, strategi role playing
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 23 Nov 2015 09:40
Last Modified: 11 Oct 2021 02:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39584

Actions (login required)

View Item View Item